Sabtu,26 Februari 2022 | 07:40 WIB

Studi: Burung Afrika Ini Punya Siulan yang Sama Sejak Jutaan Tahun Lalu

Burung Sunbirds.Foto: Unsplash


Baca artikel detikedu, "Studi: Burung Afrika Ini Punya Siulan yang Sama Sejak Jutaan Tahun Lalu" selengkapnya https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5942724/studi-burung-afrika-ini-punya-siulan-yang-sama-sejak-jutaan-tahun-lalu.
Burung Sunbirds.Foto: Unsplash Baca artikel detikedu, "Studi: Burung Afrika Ini Punya Siulan yang Sama Sejak Jutaan Tahun Lalu" selengkapnya https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5942724/studi-burung-afrika-ini-punya-siulan-yang-sama-sejak-jutaan-tahun-lalu.

Jakarta – Kicauan merdu para burung yang menghiasi wilayah pegunungan di Afrika Timur saat ini, mungkin masih terdengar sama dengan kicauan yang pernah digaungkan mereka pada jutaan tahun yang lalu. Ternyata hasil penelitian membuktikan, ada sekelompok burung di sana yang kerap melantunkan kicauan yang sama sejak lima ratus ratus hingga jutaan tahun yang lalu.

Sekelompok burung tersebut adalah sunbirds. Sunbirds merupakan burung dari famili Nectariniidae yang berwarna-warni, berbadan kecil, dan hobi bernyanyi yang hidup di kawasan Afrika dan Asia. Namun, umumnya sunbirds hidup di puncak pegunungan tinggi di Mozambik hingga Kenya.

Kenapa burung sunbirds cenderung memiliki kicauan yang sama sejak jutaan tahun lalu?
Profesor Biologi dari University of California Raurie Bowie melakukan penelitian perihal nyanyian burung sunbirds ini bersama rekannya. Mereka hendak membuktikan apakah nyanyian yang dilantunkan burung sunbirds tidak mengalami perubahan sejak jutaan tahun yang lalu.

Penelitian ini dilakukan Bowie dan lainnya dengan mengunjungi 15 pulau secara terpisah di Afrika Timur dari tahun 2007 hingga 2011. Setidaknya, Bowie meneliti 123 ekor burung sunbirds dari 6 garis keturunan yang berbeda.

Para peneliti tersebut kemudian menganalisis suara yang didapat dari hasil rekaman mereka. Hasilnya, ternyata memang ditemukan fakta bahwa sunbirds menyanyikan lagu yang sama sejak ribuan tahun yang lalu.

Mengutip laman Live Science, kurator museum dari Vertebrate Zoology ini mengatakan, bahkan burung sunbirds yang terisolasi dari kelompok lainnya juga mengicaukan nyanyian yang sama. Hal ini membuktikan bahwa kicauan burung tersebut tidak mengalami evolusi sama sekali meskipun berasal dari garis keturunan yang berbeda.

Hal ini diyakini Bowie akibat dari faktor geografis pegunungan di Afrika Timur yang tidak mengalami perubahan yang signifikan. Dalam artian, baik kicauan, tingkah laku, bahkan warna dari burung sekalipun menyesuaikan dari faktor lingkungan habitat mereka.

Berbeda dengan burung di bagian belahan bumi Utara yang terus mengalami perubahan lingkungan sejak ribuan tahun yang lalu.

“Burung di belahan bumi Utara diperkirakan telah beradaptasi di lingkungan yang dinamis dengan menyesuaikan warna, kicauan, dan tingkah laku. Lingkungan dinamis itu seperti ada atau tidak adanya gletser,” kata Bowie

“Tetapi pegunungan di Afrika Timur hanya mengalami sedikit perubahan geografis, menunjukkan bahwa burung-burung sunbirds tidak memiliki alasan untuk beradaptasi dengan kicauan yang berbeda,” imbuh dia

Menurut Bowie, nyanyian yang sama selama jutaan tahun tersebut tidak akan berubah sampai adanya perubahan lingkungan. Hingga saat ini, studi tentang kicauan burung di pegunungan Afrika Timur masih terus diteliti.

 

Sumber : https://www.detik.com/

Baca Juga