Redaksi

Kamis,24 Februari 2022 | 05:43 WIB

Pemimpin Redaksi/Penanggungjawab

Pemimpin Redaksi (Pemred, Editor in Chief) bertanggung jawab terhadap mekanisme dan aktivitas kerja keredaksian sehari-hari. Ia harus mengawasi isi seluruh rubrik Website yang dipimpinnya, Pemimpin Redaksi menetapkan kebijakan dan mengawasi seluruh kegiatan redaksional.

Pemimpin Redaksi juga bertanggung jawab atas penulisan dan isi Tajuk Rencana (Editorial) yang merupakan opini redaksi (Desk Opinion). Jika Pemred berhalangan menulisnya, lazim pula tajuk dibuat oleh Redaktur Pelaksana, salah seorang anggota Dewan Pakar, salah seorang Redaktur, bahkan seorang Editor atau siapa pun — dengan seizin dan sepengetahuan Pemimpin Redaksi— yang mampu menulisnya dengan menyuarakan pendapatnya mengenai suatu masalah aktual.

Redaktur Pelaksana

Redaktur Pelaksana bertanggung jawab dalam hal-hal yang bersifat teknis. Dialah yang memimpin langsung aktivitas pembuatan berita, artikel atau putusan yang dibuat.

    Tugas Redaktur Pelaksana:

  1. Bertanggung jawab terhadap mekanisme kerja redaksi sehari-hari
  2. Memimpin rapat perencanaan, rapat cecking, dan rapat terakhir sidang redaksi
  3. Membuat perencanaan isi untuk setiap penerbitan Website
  4. Bertanggung jawab terhadap isi redaksi penerbitan dan foto Website
  5. Mengkoordinasi kerja para redaktur dan editor
  6. Mengedit naskah, data, judul, foto para redaktur

Redaktur
Tugas utama Redaktur adalah melakukan penyeleksian dan perbaikan naskah yang akan dimuat atau ditayangkan dalam Website. Dalam hal ini dapat disebut juga Redaktur Bidang, karena bertanggung jawab penuh atas isi artikel tertentu sesuai bidangnya masing-masing, misal Pidana, Perdata, Umum, Keuangan, Kepegawaian, Hukum.

Tim IT

 

Penasehat Hukum

 

Baca Juga