Minggu,6 Maret 2022 | 08:02 WIB

Inilah Cara Menghasilkan Uang dari Aplikasi Tiktok

Cuan dari TikTok
Gambar: Menghasilkan Cuan dari TikTok

TikTok adalah platform media sosial yang memungkinkan pengguna merekam video pendek dengan musik.
Aplikasi video pendek ini, awalnya bernama Douyin, diluncurkan oleh perusahaan China ByteDance pada tahun 2016. Hanya dalam satu tahun, Douyin memiliki sekitar 100 juta pengguna di China.
Tidak seperti YouTube dengan AdSense, TikTok tidak membayar iklan apa pun yang ditempatkan di akun pengguna. Berdasarkan kesuksesannya, aplikasi tersebut berganti nama menjadi TikTok. Tujuannya, agar dapat lebih diterima pangsa pasar global.

Gambar: Aplikasi TikTok
                                                                 Gambar: Aplikasi TikTok

Dan usaha tersebut berhasil. TikTok saat ini memiliki sekitar satu miliar pengguna aktif di seluruh dunia.
Di Indonesia sendiri, awalnya TikTok dipandang sebelah mata, dicap sebagai aplikasi alayers, bahkan pada 2018 sempat diblokir oleh Kominfo.
Namun, TikTok kembali bersinar sejak pandemi hingga saat ini. Tak tanggungtanggung, pengguna TikTok di Indonesia pada Agustus 2020 telah tembus angka 22,2 juta!

Inilah salah satu alasan kenapa TikTok makin digandrungi, peluang mendapatkan uang dari TikTok begitu besar!
Lalu, bagaimana cara mendapatkan uang di TikTok? Apakah TikTok menghasilkan uang?
Bagi Anda pemilik brand, akun personal, atau bahkan untuk pemula, ada beberapa cara mendapatkan uang dari TikTok yang bisa Anda coba, yaitu:

  1. Sponsored Content Post
    Sponsored Content Post adalah Anda sebagai influencer TikTok, yang mempromosikan brand tertentu.
    Biasanya, agensi atau brand akan melihat jumlah followers, like, dan tayangan video, untuk mengukur tingkat engagement content creator di TikTok.
  2. Pemasaran TikTok
    Pemasaran TikTok adalah untuk Anda yang memiliki merek dan ingin menarik konsumen dari aplikasi ini. Sarana promosi paling ampuh di platform ini adalah dengan Iklan TikTok.
    Mirip dengan Iklan Facebook atau Iklan Instagram, TikTok memiliki algoritme yang dapat membantu iklan Anda “dilihat” dengan tujuan yang Anda inginkan.
  3. Promosi Musik
    Bagi Anda yang berada di dunia musik, TikTok bisa menjadi salah satu cara menghasilkan uang yang ampuh. Sebab, sebagian besar konten di TikTok dapat diiringi dengan musik tertentu,
    Pernah dengar lagu To The Bone milik Pamungkas? Lagu tersebut adalah salah satu contoh promosi musik yang berhasil viral melalui TikTok.

Baca Juga