Senin,14 Maret 2022 | 04:21 WIB

Seniman Patung Terkenal Di Dunia

Patung-Gunung-Rushmore

Seniman Patung Terkenal didunia ini banyak berpegaruh pada kehidupan sosial bahkan sampai pada perekonomian. Lantaran misalnya kita ketahui bahwa seni rupa berpengaruh & sangat berfungsi pada perkembangan peradaban manusia. Pengaruh Begitupun pada perekonomian. Sudjoko pada tahun 1960 sudah mengeluarkan pikiran panjangnya mengenai “Peranan Seni Dalam Pembangunan Ekonomi Negara”. Perasaan tersebut disampaikannya pada kongres BMKN tahun 1960, pada bandung.

Seni patung sendiri adalah cabang seni rupa yang membuat karya atau produk 3 dimensi output berdasarkan aktualisasi diri jiwa insan dengan tujuan estetika. Ukuran dan bentuk menurut karya seni inipun beragam, berdasarkan yang mini hingga yang besar sekali (super besar). Bentuknya bisa pada bentuk monumen usaha sebagai indikasi penghormatan atas jasa seseorang ataupun yang lainnya.

Seni patung merupakan keliru satu contoh berdasarkan jenis karya seni rupa 3 dimensi dan pula merupakah salah satu karya dari jenis seni murni. Perbedaan seni rupa & terapan yang paling mencolok bisa ditinjau berdasarkan disparitas kegunaannya. Lantaran seni patung nir berfungsi apa-apa selain menjadi hiasan atau buat sarana ibadah beberapa agama, maka seni patung termasuk ke dalam jenis karya seni rupa murni seperti layaknya seni lukis. Sedangkan yg bisa dikatakan sebagai seni rupa terapan antara lain, karya-karya desain arsitektur (candi, rumah adat, gedung pencakar langit) asbak, dll.

Dalam pembuatannya, artis patung biasanya memakai berbagai teknik diantaranya ; Teknik Butsir, Teknik Pahat, Teknik Merakit, Teknik Cetak atau Cor, Teknik Membentuk atau “dibuat” & teknik modelling. Teknik tersebut tentunya tidak sinkron dengan teknik dari cabang seni lain seperti teknik dasar menyulam, menjahit, anyaman ataupun teknik dasar airbush. Alat yang digunakannya pun beragam, mulai berdasarkan indera-indera generik sampai alat spesifik yg digunakan supaya patung dapat tercipta menggunakan baik & aporisma sinkron dengan desain.

Beberapa patung yang paling terkenal di global merupakan : Patung Liberty, Patung Great Sphinx Moai, Patung Christ The Redeemer, Patung David, Patung Mother Russi Olmec Head, Patung The Little Mermaid, Patung Mount Nemrut, Patung Lions of Delos

Patung-patung pada atas tersebar pada seluruh dunia dan memiliki sejarah dan ceritanya masing-masing. Nah, di pulang hasil karya megah dan terkenal di atas masih ada seniman-seniman handal atau yang biasa diklaim pematung. Di Indonesia sendiri banyak sekali tokoh pematung indonesia yang terkenal. Tapi kali ini, kita akan membahas artis patung populer di seluruh global. Penasaran? Yuk cek dibawah ini.

1. Michaelangelo Bunarroti

Tahu gak sih? Michaelangelo Bunarroti ini diklaim-sebut menjadi galat satu seniman pematung terbaik yg pernah ada! Selain itu beliau pula merupakan pematung yg sekaligus pelukis, karena beliau sanggup menggambar dengan sangat baik. Karya? Banyak sekali karya yg sudah dilahirkannya, tetapi, yg paling fenomenal bisa kamu lihat pada Negara Vatikan.

Ia bisa menciptakan karay seni 3 dimensi dan juga karya seni dua dimensi. Laki-laki ini lahir pada caprese, Itali dalam tahun 1475. Bakatnya sudah terlihat semenjak kecil, buat itu tidak aneh rasanya bila pada usia 13 tahun beliau telah bekerja pada pelukis kenamaan Shirlandaio di Florence, lalu satu tahun kemudian ia tinggal pada Instana milik Lorenzo. Di istana, beliau selalu dianggap sang para Paus ataupun tokoh global lain buat merancang ataupun menciptakan sebuah karya seni.

Sebagian akbar hidupnya ia habiskan di Roma dan Florance sampai beliau meninggal di Roma pada tahun 1564. Selama 89 tahun hidupnya, Michaelangelo tidak pernah sekalipun menikah. Pria ini merupakan satu-satunya seniman yang sanggup & berhasil mencapai puncakprestasi pada dua bidang yang tidak sama. Yakni menjadi pematung dan pelukis. Dengan karya yang hebat pada kedua bidang yg beliau tekuni itu. Karya-karyanya diantara lain : Fresko akbar yg menghiasi arsitektur dinding atas gereja pada Roma, Patung Daud, Musa dan Pieta yg mahsyur & masih banyak lagi.

2. Auguste Rodin

Auguste Rodin ini dikenal lantaran karyanya yg fenomenal & monumental misalnya “The Age of Bronze”, “The Thinker”, “The Kiss” dan “The Burghers from Calais”. Pematung satu ini lahir di Paris, 12 November 1840. Tahu gak sih bahwa Rodin ini merupakan pematung yg karya-karyanya mempunyai pengaruh besarpada seni terkini.

Yak, karya kerajinan tangan alias seni patung yang diciptakan Rodin memang sedikit banyak mempengaruhi output karya menurut seni terbaru yang ada dalam saat ini.

Berbeda menggunakan Michaelangelo yg telah populer semenjak muda, bahkan sejak 13 tahun, Auguste Rodin baru terkenal waktu menginjak usia 40 tahun.

Rodin sebagai populer lantaran karya patungnya yang kontrovesial yaitu “The Vanquished” yang lalu berganti nama menjadi “The Age of Bronze”. Rodin mangkatpada lepas 17 November tahun 1917 pada Meudon, Perancis sebulan setalah pasangannya mangkat .

3. Constantin Brancusi

Setelah menurut Itali dan Paris, kali ini artis terkenal selanjutnya asal dari Rumania. Ia adalah Constantin Brancusi yang populer lantaran beranjak di seni terkini dan adalah keliru seseorang pelopor aliran tak berbentuk.

Karya-karyanya terkenal karena keunggulan dalam visual & penggunaan bahan-bahan yg cenderung sensitif. Sensitif karena menggabungkan antara kejujuran menurut petani menggunakan kecanggihan Paris avant-grade. Constantin Brancusi merupakan keliru satu pematung yang jua belajar dalam karya-karyanya Auguste Rodin.

4. Henry Moore

Tahu Gak sih? Henry Moore ni merupakan galat satu pematung paling terkanal pada abad ke-20 , loh! Ia memutuskan buat sebagai pematung pada usia 11 tahun sehabis mendengar cerita mengenai Michaelangelo.

Henry Moore ini pula pernah begabung bersama militer pada masa perang global 1 sebelum akhirnya ia menerima beasiswa pada sekolah seni Royal College of Art di London. Dan pada sanalah beliau mulai menyelidiki seni patung secara intens.

Pada mulanya, karya-karya moore ini diremehkan sang sang pengajar, tetapi beliau tidak patah semangat. Ia permanen membuat karya hingga dalam akhirnya beliau mulai menerima poly penghargaan.

Seperti, mendapatkan pengakuan menurut Museum of Modern Art dan mendapatkan hadia utama untuk karyanya pada festival seni Venice Biennale ke 24. Sejak ketika itulah reputasi Moore menanjak

5. Patricia Piccinini

Pematung terkenal dunia kali ini merupakan seorang perempuan. Ia lahir pada Freetown Sierra Leone pada 1965. Kemudian dalam tahun 1972 ia pindah dan menetap di Australia. Piccinini sudah membuat berbagai macam jenis karya seni. Sebelumnya, kita telah membahas jenis-jenis pameran.

Dan Karya-karyanya yg di pamerkan di Art Gallery of western Australia, yaitu perth, adalah jenis pameran permanen. Semua karyanya menampilkan mengenai ‘absurditas’ keberadaan insan. Manusia dimiripkan serupa menggunakan binatang-hewan aneh, entah itu serupa menggunakan anjing, monyet ataupun serupa dengan tikus atau marmut.

Karya-karyanya tidak hanya memperhatikan keindahan tapi juga unik dan khas, horor serta melukiskan mengenai sebuah kehidupan yg tidak sama.

Nah, itu dia para seniman patung populer di global. Mereka adalah seniman pada era dan jaman yg berbeda-beda. Bentuk hasil karya merekapun berbeda-beda. Pesan dan hal-hal yang melatarbelakangi karya mereka pula tidak sinkron. Banyak sekali yang bisa kita dapatkan menurut kisah para seinman patung terkenal dunia ini. Mulai dari kegigihan mereka dalam berkarya, kreatifitas, konsistensi dan daya khayalan mereka dalam berkarya. Semoga selesainya membaca artikel ini, kita seluruh bisa memetik manfaat belajar seni untuk kehidupan.

Baca Juga