Minggu,13 Maret 2022 | 05:51 WIB

Apa itu UMKM? Serta Kriteria & Perannya Dalam Ekonomi RI

UMKM

Mungkin sobat sudah tidak asing menggunakan istilah UMKM. Tapi, apa itu UMKM?

UMKM merupakan singkatan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Istilah tersebut tak jarang digunakan pada banyak sekali media seperti TV, YouTube, Instagram, Facebook, dan lainnya. Sebab bisnis mikro, mini, dan menengah semakin berkembang dari hari ke hari.

Bisa jadi, jika sobat memiliki suatu bisnis yang sedang berjalan, usaha tadi termasuk ke dalam kategorinya. Apabila demikian, apa pengertian UMKM? Apa saja kriterianya? Agar tidak galau, ayo simak penjelasannya di bawah ini.

 

Apa itu UMKM ?

Berdasarkan yang tertuang pada Undang-Undang No. 20 tahun 2008 mengenai usaha mikro, mini dan menengah, pengertian UMKM adalah sebuah bisnis yang dioperasikan sang pelaku usaha secara individu, rumah tangga, ataupun badan bisnis berskala mini.

Sementara itu, apabila melihat definisi UMKM yang dituturkan para pakar, penjelasannya menjadi seperti berikut :

  • M. Kwartono

Berdasarkan yang disampaikan oleh M. Kwartono, pengertian UMKM adalah sebuah kegiatan ekonomi masyarakat yang memiliki harta kekayaan higienis aporisma sebanyak Rp 200 juta, dimana tanah serta bangunan tempat usaha tidak termasuk pada hitungan.

Dari sudut pandang lain, pengertian UMKM adalah bisnis yang memiliki omzet penjualan per tahun aporisma sebanyak Rp 1 miliar dan dimiliki oleh WNI atau Warga Negara Indonesia.

 

  • Ina Primiana

Berdasarkan yg diterangkan Ina Primiana, pengertian UMKM merupakan sebuah pengembangan empat kategori kegiatan ekonomi primer yang tengah sebagai motor penggerak untuk proses pembangunan Indonesia. Motor penggerak tersebut, antara lain: Industri manufaktur, Bisnis kelautan, Sumber daya manusia dan Agribisnis

Di samping itu, Ina juga menjelaskan bahwa pengertian UMKM bisa diartikan menjadi sebuah pengembangan tempat andalan untuk meningkatkan kecepatan pemulihan perekonomian. Usaha ini juga mewadahi program prioritas serta pengembangan untuk aneka macam sektor di Indonesia.

Sedangkan usaha mini merupakan menaikkan banyak sekali upaya yang memberdayakan masyarakat.

 

  • Rudjito

Berdasarkan yang disampaikan Rudjito, pengertian UMKM merupakan usaha yang memiliki kiprah signifikan pada sistem perekonomian negara Indonesia, baik berdasarkan segi penciptaan lapangan kerja maupun segi jumlah usahanya.

Sehingga, menurut pengertian UMKM di atas, secara umum, definisi UMKM adalah usaha yang terbagi dalam 3 kategori, yaitu mikro, kecil, dan menengah, dilakukan oleh individu ataupun sebuah badan usaha, menyimpan aset dan omzet eksklusif, serta berperan krusial pada perkembangan perekonomian Indonesia.

 

Peran UMKM

Setelah tahu pengertian UMKM, sobat juga perlu tahu manfaatnya. Terdapat 5 peran yang perlu sobat ketahui, diantaranya :

  1. Memenuhi aneka macam kebutuhan rakyat secara sempurna, karena dekat dengan rakyat dan dijalankan sang rakyat Indonesia itu sendiri. Setiap bisnis bisa memenuhi aneka macam kebutuhan dan permintaan mereka. Bahan standar yang dipakai pelaku bisnis umumnya juga berasal menurut wargalebih kurang. Sehingga, sistem bisnis tadi sangat ramah dengan kebutuhan masyarakat.
  2. Menciptakan syarat ekonomi yang lebih sejahtera dan merata. Dengan perputaran ekonomi yang terus berkembang pada antara sela-sela rakyat, usaha ini juga sanggup menciptakan sistem ekonomi yang lebih sejahtera dan merata.
  3. Membuka peluang dan lapangan pekerjaan baru. Usaha bisnis yang berjalan pada warga Indonesia, meskipun berskala mikro, kecil, ataupun menengah, mampu menyerap para calon pekerja yang membutuhkan pekerjaan. Usaha ini sanggup membuka peluang dan lapangan pekerjaan yang baru.
  4. Meningkatkan devisa Indonesia. Devisa merupakan pendapatan negara dan salah satu faktor signifikan yang ada dalam sistem perekonomian sebuah negara. Tak terkecuali Indonesia. Jika nilai devisa tinggi, maka dapat disimpulkan bahwa negara tersebut memiliki sistem perekonomian yang sehat dan mensejahterakan rakyatnya. Salah satu fungsi usaha tadi adalah bisa menaikkan devisa/pendapatan negara Indonesia. Misalkan, UMKM terpadu & mempunyai sistem yg baik sanggup memproduksi barang berkualitas tinggi dan menjualnya ke pelanggan mancanegara. Aktivitas ekspor tadi dapat memberikan devisa terhadap negara.
  5. Mendukung ekonomi Indonesia ketika situasi kritis pada tahun 1997, ketika krisis moneter terjadi di negeri ini, usaha mikro, kecil, dan menengah tadi berhasil menjadi pahlawan lantaran terus berkembang dan memperbaiki kondisi perekonomian Indonesia. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa bisnis tersebut juga mampu mendukung ekonomi Indonesia waktu situasi krisis.

 

Kriteria UMKM

Secara generik, kriteria UMKM terbagi dari jumlah SDM yang bekerja, aset, dan omzet per tahun. Penjelasannya sebagai berikut :

  • Mikro SDM : kurang lebih terdiri dari 4 orang, Aset : hingga Rp 50 juta, Omzet per tahun : sampai Rp 300 juta per tahun
  • Kecil SDM : antara 5 sampai 19 orang, Aset : antara Rp 50 juta sampai Rp 500 juta, Omzet per tahun : antara Rp 300 juta hingga Rp 2,5 miliar
  • Menengah SDM : antara 20 sampai 99 orang, Aset : antara Rp 500 juta sampai Rp 10 miliar, Omzet per tahun : antara Rp 2,5 miliar hingga Rp 50 miliar

 

Sekian penjelasan mengenai pengertian UMKM dan hal-hal seputarnya. Jadi, setelah tahu topik ini, apakah bisnis sobat termasuk ke dalam UMKM? Apabila iya, maka segera daftarkan UMKM sobat untuk memperoleh surat izin usaha. Selamat berbisnis!

Baca Juga