Minggu,13 Maret 2022 | 21:15 WIB

Ini Dia, 16 Film Perang Terbaik Sepanjang Masa Yang Wajib Ditonton

images

16 Film Perang Terbaik – Apakah sobat suka menonton film perang? Tepat sekali, film bertema perang memang mempunyai nilai-nilai cerita dan keasyikan tersendiri ketika melihatnya. Bahkan seluruh keseruan muali berdasarkan action, thriler, drama, sampai komedi bisa muncul dengan latar medan perang.

Jadi tak heran bila selalu muncul film-film terbaik & melegenda menurut tema ini. Ada 16 film perang terbaik yang terangkum dalam artikel ini yang bisa sobat jadikan rekomendasi tontonan saat #dirumahaja. Saat mengkonsumsi atau menonton film sudah seperti kebutuhan, yakni kebutuhan hiburan untuk menghabiskan waktu luang atau istirahat berdasarkan aktivitas setiap hari.

Film perang mampu menjadi rekomendasi film yang menarik ditonton lantaran seru dan kualitas film yang tidak perlu diragukan lagi, bahkan film perang lawas pun masih rekomended buat ditonton hingga kini.

Lalu apa saja rekomendasi film perang terbaik sepanjang masa hingga yang paling modern saat ini? Berikut ini daftar 16 film perang terbaik yang perlu sobat ketahui untuk dijadikan tontonan yang seru, menarik, dan mempunyai alur dan nilai cerita yang bagus:

1. Braveheart (1995)

Film berjudul Braveheart merupakan film perang kerajaan terbaik sepanjang masa yang wajib sobat tonton. Disutradarai oleh Mel Gibson, film ini tayang pada 25 Mei 1995 menggunakan aliran biografi, drama, dan sejarah.

Film yang diaktori Sophie Marceau, Mel Gibson, Patrick McGoohan, dan mitra kawan ini bercerita tentang perjuangan prajurit Skotlandia melawan kerajaan Inggris yang kejam di abad ke-13. Film perang ini seru untuk ditonton karena fokus dalam kisah pahlawan Skotlandia bernama William Wallace yang diperankan oleh Mel Gibson.

 

2. Saving Private Ryan (1998)

Film berikutnya yang layak masuk ke dalam daftar 16 film perang terbaik sepanjang masa adalah Saving private Ryan yang tayang pada 24 Juli 1998.

Film yang disutradarai Steven Spielberg ini masuk ke dalam nominasi terbaik Oscar dengan genre drama dan perang. Dibintangi Tom Hanks, Matt Damon, Tom Sizemore, dan mitra kawan ini menceritakan mengenai regu militer spesifik yang menyelamatkan Ryan (diperankan oleh Matt Damon) berdasarkan serangan Jerman yang merupakan musuh bebuyutan Amerika Serikat.

 

3. Without Remorse (2021)

Without Remorse adalah rekomendasi film perang terkini yang bisa sobat tonton. Tayang pada 30 April 2021, film garapan Stefano Solima ini menampilkan kisah seru aktor Michael B. Jordan sebagai pemeran utamanya.

Berkisah mengenai balas dendam oleh aktor primer dalam dalang peristiwa tragis yang menimpa istri dan dirinya. Aksi balas dendamnya tadi justru membawa ke dalam kasus persekongkolan internasional yang kompleks.

 

4. Da 5 Bloods (2020)

Film perang terbaik berikutnya adalah Da lima Blood yang juga merupakan film modern Netflix garapan Spike Lee yang tayang pada 12 Juni 2020.

Film yg diperankan sang Delroy Lindo, Jonathan Majors, Clarke Peters, menceritakan mengenai 4 orang kakek-kakek veteran perang Vietnam yang kembali ke negara asalnya.

Disanalah mereka mencari jasad komandan pasukannya dan harta karun yang pernah mereka sembunyikan di hutan.

 

5. GreyHound (2020)

Greyhound merupakan film perang bergenre aksi, drama, dan sejarah terbaik yang dibintangi aktor kawakan Tom Hanks.

Diadaptasi dari novel best seller karya C.S Forester ini menceritakan komandan angkatan bahari Amerika yang bertugas untuk mengawal kapal perang mini dengan kapal perangnya yang bernama Greyhound.

Sang komandan yang bernama Ernest Krause lalu diserang oleh kapal selam milik Jerman bernama U-Boat yang sangat kuat.

 

6. Jojo Rabbit (2019)

Jika sobat menyukai film bergenre lawak maka wajib nonton film perang garapan Taika Waititi ini. Film Jojo Rabit bercerita tentang Jojo yang diperankan sang Roman Griffin Davis yang sangat mengagumi Nazi, bahkan sampai memiliki sahabat khayalan sesosok Adolf Hitler yang diperankan Taika Waititi dengan tingkah konyol.

Perseteruan kasus mulai terjadi saat kedapatan menyembunyikan gadis yahudi yang diperankan Thomasin McKenzie di loteng tempat tinggal.

 

7. Hacksaw Ridge (2016)

Hacksaw Ridge merupakan film yang diangakat menurut kisah nyata seorang prajurit perang Amerika Serikat bernama Desmond Doss yang diperankan sang Andrew Gefield.

Tayang pada 4 November 2016, film yang disutradarai Mel Gibsen ini bercerita mengenai sang prajurit Doss tersebut merupakan penganut agama Kristen yang taat dan terjun ke medan pertempuran Perang Dunia II yang sangat kejam.

Doss sangat enggan untuk membunuh, memegang senjata, atau melukai seseorang meskipun lawannya sekalipun, hingga akhirnya pasukan mereka terdesak dan harus melawannya.

 

8. Midway (2019)

Diadaptasi berdasarkan kisah nyata berikutnya, film Midway yang disutradarai Ronald Emmerich ini tayang pada 8 November 2019.

Film ini bercerita tentang pertempuran akbar dalam medan Perang Pasifik-Perang Dunia Ke II yang dibintangi Luke Evans, Patrick Wilson, Alexander Ludwig, dan kawan-kawan. Film ini bergenre aksi, drama, dan sejarah yang bisa dijadikan rekomendasi tontonan sobat di rumah.

 

9. Letters From Iwo Jima (2006)

Selanjutnya ada film perang bertema Perang Dunia II fiktif berjudul Letters From Iwo Jima yang berbahasa Jepang meskipun disutradarai Clint Eastwood asala Amerika Serikat. Film ini menyuguhkan kisah yang tidak sama dari film Perang Dunia II yang tak jarang dibuat Amerika Serikat.

Dibintangi Ken Watanabe, Kazunari Ninomiya dan Tsuoshi Ihara, film Letters From Iwo Jima ini bercerita tentang pertahanan mati-matian tentara Jepang dalam mempertahankan pulau Iwo Jima dari tentara Amerika serikat.

 

10. Tolkien (2019)

Tayang pada 10 Mei 2019, film Tolken yang disutradarai Dome Karukoski ini bercerita tentang biografi J.R.R Tolkien yang diperankan Nicholas Hoult.

Film ini bercerita tentang anak yatim bernama Tolkien tadi dalam perjalanannya menemukan teman, sahabat, cinta, dan ide menulis. Ia pun akhirnya ikut wajib militer yang kemudian membawanya ke dalam Perang Dunia I.

 

11. 1917 (2019)

1917 adalah film perang terbaik garapan Sam Mendes yang tayang pada 04 Desember 2019. Film ini bercerita tentang pasukan Inggris, yakni 2 tentara bernama Blake yang diperankan Dean Charles Chapman dan Schofield yang diperankan George Mackey untuk menyelesaikan misi khusus. Mereka berdua harus memperingati pasukan Inggris dari rencana agresi Jerman.

 

12. The Hurt Locker (2009)

Film yang dinobatkan menjadi film perang Timur Tengah terbaik merupakan The Hurt Locker yang disutradarai Kathryn Biglow.

Film yang tayang pada 02 Juni 2019 ini bercerita mengenai William James yang diperankan oleh Jeremy Renner yang bertugas memimpin kelompok tentara Amerika Serikat di Irak.

Cara memimpin James ini lah yang menjadi kisah seru dalam perjalanan perangnya hingga ia purna tugas menjadi seorang tentara.

 

13. The Kill Team (2019)

Film The Kill Team garapan Dan Krasuss ini menampilkan kegilaan seseorang  yang sangat seru untuk ditonton.

Tayang pada 25 Oktober 2019, film ini bercerita mengenai tentara muda bernama Andrew Briggman yang diperankan Nat Wolff yang sedang mengalami krisis moral dema konflik di Afganistan. The Kill Team adalah film adaptasi menurut film dokumenter menggunakan judul yang sama.

 

14. Pearl Harbor (2001)

Pearl Harbor adalah salah satu film perang hollywood terbaik sepanjang masa yang tayang pertama kali pada 25 Mei 2021. Berlatar belakang perang dari insiden penyerangan Pearl Harbour sang tentara Tentara Jepang.

Film yang disutradarai Michael Bay ini bercerita mengenai pertemanan Rafe yang diperankan Ben Affleck & Danny yang diperankan Josh Hartnett harus berseteru karena masalah asmara. Film ini juga menjadi salah satu film romantis terbaik yang sayang untuk dilewatkan.

 

15. Dunkirk (2017)

Film Dunkirk adalah salah satu film perang terbaik yang diangkat berdasarkan kisah nyata pada tahun 1904. Film ini tayang pada 21 Juli 2017 yang disutradarai oleh Christopher Nolan. Film ini bergenre aksi, drama, dan sejarah.

Drunkirk bercerita mengenai penyelamatan tentara Inggris yang telah terdesak sang sekutu dalam Perang Dunia Ke II. Film ini menunjukkan sinematogrfi yang akan memanjakan para penontonnya, terutama yang gemar film perang niscaya akan menyukainya.

 

16. The Battle of Jangsari (2019)

Film perang terbaik terakhir merupakan film dari Korea Selatan yang berjudul The Battle of Jangsari garapan sutradara bernama Kwak Kyung Taek & Kim Tae Hoon.

Tayang pada 25 desember 2019, film ini bercerita mengenai sekelompok mahasiswa yang terseret dalam perang korea yang mengerikan.

Kisah dalam film ini rupanya disesuaikan berdasarkan kisah nyata 772 tentara mahasiswa yang berpartisipasi pada perang Incheon. Film ini juga melibatkan aktris Holywood Megan Fox yang berperan menjadi reporter yang meliput perang tadi.

 

Baca Juga