Sabtu,12 Maret 2022 | 13:17 WIB

10 Atlet Terkaya Di Dunia 2021 – Isu Olahraga – Sportlogi

Forbes, sebuah majalah bisnis dan finansial ternama berasal Amerika Serikat pulang mengeluarkan update terkini terkait atlet dengan bayaran tertinggi pada global pada tahun 2021. Nama-nama atlet yang keluar tidak jauh tidak selaras menggunakan tahun sebelumnya, pada mana atlet sepak bola mendominasi peringkat. Lalu siapa saja atlet terkaya di global pada tahun 2021? Berikut merupakan daftarnya.Cristiano Ronaldo, keliru satu atlet terkaya pada global tahun 2021.Sumber: Wikimedia Commons (Lisensi Creative Commons)

Catatan:Pendapatan di lapangan termasuk gaji, bantuan gratis kejuaraan, dan bonus.Pendapatan di luar lapangan mencangkup seluruh endorsment yg berhasil dihasilkan, termasuk pendapatan bisnis eksklusif.Riset Forbes ini merupakan hasil perhitungan selama satu tahun, mulai 1 Mei 2020 sampai 1 Mei 2021.1. Conor McGregor ($180 Juta)Kebangsaan: IrlandiaUmur: 32 tahunOlahraga: MMAPendapatan pada lapangan: $22 jutaPendapatan di luar lapangan: $158 juta

Conor McGregor, atlet bela diri dari Irlandia didapuk menjadi atlet menggunakan bayaran tertinggi di global pada tahun 2021 dengan total pendapatan mencapai 180 juta dolar Amerika (kurang lebih Rp 2,58 triliun). Tahun sebelumnya dia berada pada peringkat ke-16 menggunakan total pendapatan 48 juta dolar Amerika.

apabila dibanding tahun sebelumnya, pendapatan McGregor berdasarkan pada lapangan mengalami penurunan dari $32 juta ke $22 juta. Tetapi pada tahun 2021, pendapatan dari luar ruangannya melejit lebih menurut $100 juta. Salah satu sumbernya adalah penjualan merk minuman yg dimilikinya.

Sebagai informasi, McGregor menelan kekalahan getir berdasarkan petarung Dustin Poirier asal Amerika pada UFC 257 yg berlangsung dalam bulan Januari 2021. Itu bukanlah sesuatu yang dia harapkan dalam pertandingan pertamanya semenjak Januari 2020. Meskipun demikian, dia berhasil menerima bayaran sekitar $22 juta.dua. Lionel Messi ($130 Juta)Kebangsaan: ArgentinaUmur: 33 tahunOlahraga: Asosiasi sepak bolaPendapatan pada lapangan: $97 jutaPendapatan pada luar lapangan: $33 juta

Lionel Messi, atlet sepak bola berasal Argentina pula mengalami peningkatan peringkat berdasarkan tahun sebelumnya (#3). Di tahun 2021, dia berhasil mengantongi uang sebesar 130 juta dolar Amerika (sekitar Rp 1,86 triliun), naik sebesar $26 juta dari periode kemudian.

Meski sempat menciptakan global sepak bola gelisah dengan upaya gagal tahun lalu buat meninggalkan Barcelona, pendapatan Messi di lapangan terhitung naik relatif drastis menurut yg dia dapatkan pada tahun lalu, berdasarkan $72 juta ke $97 juta. Sedangkan pendapatan menurut luar lapangannya hanya naik sekitar $1 juta saja.3. Cristiano Ronaldo ($120 Juta)Kebangsaan: PortugalUmur: 36 tahunOlahraga: Asosiasi sepak bolaPendapatan pada lapangan: $70 jutaPendapatan pada luar lapangan: $50 juta

Cristiano Ronaldo, bintang sepak bola paling terkenal di dunia wajibturun satu peringkat menurut tahun sebelumnya meski pendapatannya secara holistik mengalami kenaikan. Dengan lebih berdasarkan 500 juta pengikut pada Facebook, Instagram, dan Twitter, Ronaldo adalah pemain sepak bola dengan endorsment terbanyak di dunia.

Pada tahun 2021, honorRonaldo di lapangan mencapai $70 juta, naik $10 juta dari periode sebelumnya. Sementara itu, pendapatan Ronaldo dari luar lapangan naik sebesar $lima juta dari tahun lalu sebagai $50 juta. Total pendapatannya pada tahun 2021 mencapai $120 juta atau lebih kurang Rp 1,71 triliun.

Sebagai keterangan, Ronaldo mempunyai kontrak empat tahun menggunakan Juventus yang akan berakhir pada tahun 2022. Forbes mengungkapkan kalau kontrak tersebut mempunyai nilai rata-homogen $64 juta per tahun.

Di luar lapangan, Ronaldo mendapatkan pundi-pundi penghasilannya berdasarkan kontrak seumur hidup dengan Nike & beragam usaha yg dia jalankan, termasuk sandang, aksesori, hotel, dan sentra kebugaran.4. Dak Prescott ($107,5 Juta)Kebangsaan: Amerika SerikatUmur: 27 tahunOlahraga: Sepak bola AmerikaPendapatan pada lapangan: $97,5 jutaPendapatan di luar lapangan: $10 juta

Atlet menggunakan pendapatan tertinggi pada global selanjutnya diisi sang atlet sepak bola Amerika yg bernama Dak Prescott. Ini adalah pencapaian yg sangat tinggi mengingat tahun sebelumnya beliau tidak masuk daftar 100 atlet dengan pendapatan tertinggi di global lantaran belum kembali menurut cedera pergelangan kaki yg dialaminya.

Prescott berhasil mengantongi pundi-pundi sebanyak $107,5 juta dalam tahun 2021 atau sekitar Rp 1,54 triliun. Pendapatan di lapangan menjadi penyumbang terbesar, sekitar 90% dari total pendapatannya.

Menurut Forbes, Prescott mendapatkan insentif penandatanganan sebanyak $66 juta yg datang dengan perpanjangan kontrak selama empat tahun senilai $160 juta. Pendapatan dari luar lapangannya kemungkinan akan terus bertambah sesudah ia mengumumkan investasi di empat lokasi jaringan restoran Walk-On’s di Texas.5. LeBron James (96,5 Juta)Kebangsaan: Amerika SerikatUmur: 36 tahunOlahraga: Bola basketPendapatan di lapangan: $31,lima jutaPendapatan di luar lapangan: $65 juta

Peringkat atlet basket NBA LeBron James masih sama dengan tahun sebelumnya. Tetapi kali ini pendapatannya naik lebih menurut $8 juta. Dengan total pendapatan 96,5 juta dolar Amerika dalam tahun 2021 (sekitar Rp 1,38 triliun), LeBron James sebagai pemain basket menggunakan bayaran tertinggi di dunia.6. Neymar ($95 Juta)Kebangsaan: BrazilUmur: 29 tahunOlahraga: Asosiasi sepak bolaPendapatan pada lapangan: $76 jutaPendapatan di luar lapangan: $19 juta

Posisi selanjutnya pulang diisi sang pemain asosiasi sepak bola dari Brazil, Neymar. Ia harus rela turun 2 peringkat berdasarkan tahun sebelumnya yang tepat berada pada bawah Messi. Kini pendapatannya mencapai angka 95 juta dolar Amerika atau lebih kurang Rp 1,36 triliun.

Penurunan peringkat Neymar utamanya disebabkan sang melejitnya pendapatan atlet MMA dan sepak bola Amerika yg telah disebutkan pada atas. Di sisi lain, pendapatan Neymar mengalami penurunan menurut periode sebelumnya, meskipun itu ‘hanya’ $0,5 juta.

Dengan 282 juta pengikut pada Facebook, Instagram, dan Twitter, Neymar sebagai atlet terpopuler ketiga pada media sosial, sesudah Cristiano Ronaldo & Lionel Messi. Kepopulerannya ini membuatnya berhasil meraup jutaan dolar endorsment menggunakan total $19 juta pada tahun ini.7. Roger Federer ($90 Juta)Kebangsaan: SwissUmur: 39 tahunOlahraga: TenisPendapatan di lapangan: $90 jutaPendapatan pada luar lapangan: $0,03 juta

Roger Federer menjadi atlet tenis pertama yg berhasil menjadi peringkat 1 atlet dengan pendapatan tertinggi di dunia Forbes pada tahun 2020. Tahun kemudian beliau berhasil meraup pendapatan $106,3 juta. Tetapi sekarang dia harus turun peringkat dengan total pendapatan sebagai $90 juta atau sekitar Rp 1,28 triliun.

Dari segi persentasi, penurunan tertinggi terjadi pada atas lapangan. Tahun ini pendapatannya pada atas lapangan hanya sekitar $30 ribu akibat absen dari banyak turnamen lantaran cedera lutut. Sedangkan pendapatannya menurut luar lapangan berkurang $10 juta dari tahu lalu.

Sekitar 99% pendapatan luar lapangan Roger Federer tahun ini dari berdasarkan sponsor dengan merek-merek ternama misalnya Rolex, Credit Suisse & Uniqlo. Ia jua dikabarkan mempunyai saham pada perusahaan pakaian atletik Swiss On, yg diklaim-sebut sebagai asal pendapatan terbesarnya.8. Lewis Hamilton ($82 Juta)Kebangsaan: InggrisUmur: 36 tahunOlahraga: Formula 1Pendapatan di lapangan: $70 jutaPendapatan pada luar lapangan: $12 juta

Pada tahun 2017, Lewis Hamilton menjadi atlet menggunakan bayaran tertinggi ke-10 di dunia dan tertinggi di Inggris dengan pendapatan $42 juta. Tiga edisi selanjutnya dia nir berhasil masuk top 10. Kini pada tahun 2021 pendapatannya melejit sampai $82 juta (sekitar Rp 1,17 triliun) dan berada di peringkat 8.

Pendapatan terbesar Hamilton asal berdasarkan arena balap. Menurut Forbes, 11 kemenangan balapannya animo kemudian membuatnya berhasil mendapatkan banyak endorsment dari merek-merek populer misalnya Tommy Hilfiger, Monster Energy & Puma, menggunakan total $12 juta.9. Tom Brady ($76 Juta)Kebangsaan: Amerika SerikatUmur: 43 tahunOlahraga: Sepak bola AmerikaPendapatan di lapangan: $45 jutaPendapatan pada luar lapangan: $31 juta

Tom Brady menjadi atlet sepak bola Amerika menggunakan pendapatan tertinggi kedua di dunia tahun ini. Ia berhasil mengumpulkan pundi-pundi sebesar $76 juta atau lebih kurang Rp 1,08 triliun. Di top 10, ia menjadi atlet tertua menggunakan penghargaan ini dan Forbes menjelaskan jikalau beliau baru saja memasuki tahun paling menguntungkan dalam karirnya.

Baca Juga